16 November 2023 08:36:30
Ditulis oleh Admin

PENYERAHAN SERTIPIKAT TANAH TAHAP I PROGRAM PTSL 2023

Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Tuban membagikan 100 sertifikat tanah tahap I melalui program Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL) milik warga Desa Kebomlati Kecamatan Plumpang Kabupaten Tuban, Kamis (9/11/2023) di Pendopo Balai Desa Kebomlati. Dari 936 berkas pemohon sertifikat tanah, penyerahannya akan dibagi menjadi beberapa tahap. Tahap I telah dilaksanakan pada tanggal 9 Nopember 2023, sedangkan untuk tahap II rencananya akan dilaksanakan pada 16 Nopember dan seterusnya sampai semua sertifikat terbagikan. Hal ini sesuai aturan yang diterbitkan oleh Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Tuban.

Pada pembukaan penyerahan sertifikat tanah program PTSL 2023 dihadiri Kepala Desa Kebomlati H.MOENIDJAN, Ketua Tim 3 DEDY CRISTIAWAN ELYAS, Sh.Mh dan bidang yuridis PRIYANTONO,A. Ptnh. dalam sambutannya Bapak PRIYANTONO selaku Petugas Pengumpul Data Yuridis BPN Kabupaten Tuban menyampaikan bahwa apabila dalam hasil sertifikat yang dibagikan terdapat kekeliruan dalam proses pencetakan seperti nama, tanggal lahir, peta blok, batas- batas, objek, dan sebagainya agar segera menyampaikan ke pemerintah desa Kebomlati untuk segera ditindak lanjuti kepada BPN. Pengambilan sertifikat tidak dapat diwakilkan kecuali dengan sebab tertentu. Apabila pemilik sertifikat berhalangan hadir mengambil sertifikatnya, maka pengambil sertifikat menyertakan surat kuasa yang dilampiri fotocopy KTP dan KK pemberi kuasa dan yang dikuasakan. Beliau juga menyampaikan agar penerima sertifikat lebih bijaksana dalam penggunaan sertifikat sebagai jaminan hutang piutang dan lain-lain.

Hal ini tentu disambut gembira oleh Masyarakat Desa Kebomlati yang telah mendaftarkan tanahnya untuk mendapatkan sertifikat secara kolektif. Melalui program PTSL 2023 ini, masyarakat Desa Kebomlati yang sebelumnya tidak terpikirkan untuk memliki sertifikat atas tanahnya, kini dapat memiliki sertifikat. “Alhamdulillah Pak, sekarang saya mendapatkan kepastian hukum atas tanah yang saya miliki,” Kata Abdul Ghofur salah satu penerima sertifikat Tahap I.

Pemerintah Desa Kebomlati berharap dengan dilaksanakannya penyerahan sertifikat tanah tahap I melalui program Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL) dapat mengembalikan kepercayaan warga masyarakat dalam hal ini terkait pada proses pengurusan hak kepemilikan tanah.

 

 



Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus